Wednesday, March 16, 2016

Ini Nih Tanaman Obat Anti Hipertensi Atau Darah Tinggi

Ini Nih Tanaman Obat Anti Hipertensi Atau Darah Tinggi

Ini Nih Tanaman Obat Anti Hipertensi Atau Darah Tinggi Yang Perlu Anda Coba Di Rumah.
Penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan merupakan salah satu penyakit pembunuh paling dahsyat di dunia saat ini. Faktor utama penyakit darah tinggi adalah usia, sehingga penyakit ini sering didapati pada usia lanjut. Penyakit hipertensi atau darah tinggi juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit stroke, serangan jantung gagal ginjal dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Untuk itu sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui tanaman apa saja yang dapat mengobati dan menurunkan hipertensi agar kita dapat mengambil langkah preventif karena bagaimanapun juga penyakit ini sangat berkaitan erat dengan organ penting seperti jantung dan juga pembuluh darah.

Nah berikut ini ada beberapa tanaman herbal yang sangat ampuh untuk dijadikan sebagai pengobatan herbal penurun hipertensi atau darah tinggi yang aman tanpa menimbulkan efek samping.

1. Mentimun

Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal. cara penggunaan bisa di komsumsi langsung (sebagai lalapan), atau di buat jus, boleh juga di tambah dengan buah-buahan lain, asal saja komposisi ketimun lebih banyak dari buah lainnya.

2. Blewah

Sama dengan mentimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk masalah ginjal / kandung kemih. Beberapa buah / tumbuhan yang mempunya kandungan sama dengan mentimun / blewah : peach atau persik, strawberry, raspberry, daun turnip dan wheat grass.

3. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dianggap baik untuk membantu menyembuhkan penyakit hipertensi dan penyakit lainnya karena sifat-sifat yang dimilikinya. Sifat umum bawang putih adalah antibakteri, antivirus, dan antijamur alami. Dengan demikian, bawang putih  digunakan untuk pengobatan alergi, demam, herpes, hingga penyakit seperti arteriosclerosis, kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Cara penggunaannya sangat gampang, ambil satu siung bawang bombay, bersihkan dan dikupas kulitnya, kemudian iris-iris dan dimakan bersama dengan nasi. lakukan kebiasaan ini secara rutin 2 kali sehari.

4. Bawang Bombay

Seperti bawang putih, bawang bombai juga berguna dalam mengelola hipertensi. Senyawa Sulfur yang terkandung dalam bawang telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena bawang bombay adalah sepupu dari bawang putih.

5. Rumput Laut (Laminaria Japonica)

Para peneliti menemukan, rumput laut bahan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Fungsinya mirip dengan obat yang biasa diresepkan oleh dokter. Menurut penelitian tersebut, rumput laut mengandung senyawa protein tinggi yang dikenal sebagai peptida bioaktif. Senyawa ini juga ditemukan dalam susu. Efeknya mirip dengan ACE inhibitor, yang sering diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung serta stroke.

6. Mengkudu (Morinda Citrifolia L)

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan memang tidak main-main. Dibalik rasanya yang pahit dan baunya yang tidak enak tersimpan jutaan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh, terutama sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Buah mengkudu mengandung Scopoletin yang bekerja mengikat Serotonin yang berlebihan dan menyebabkan penurunan tekanan darah. Khasiat ini telah dibuktikan dengan penelitian oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo guru besar Farmasi UI (2004) yang melakukan uji pre-klinis terhadap mencit di laboratorium menunjukkan hasil yang baik bahwa “Mengkudu sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi”.

7. Daun Salam (Syzigium Polyanthum)

Salah satu khasiat dari daun salam yaitu untuk menurunkan hipertensi. Manfaat daun salam untuk menurunkan hipertensi bisa dirasakan jika Anda meminum air rebusan daun salam rutin setiap hari. Kandungan mineral yang ada pada daun salam membuat peredaran darah semakin lancar dan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Cara Penggunaan :
  1. Ambil Daun salam segar sebanyak kurang lebih 10 lembar.
  2. Daun salam dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
  3. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus pada malam hari. Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
8. Daun Sirsak

Daun sirsak mempunyai kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menetralisir radidak bebas yang terbentuk didalam sel darah. Zat antioksidan yang ada pada daun sirsak ini mampu melebarkan serta melenturkan pembuluh darah sehingga peredaran akan berjalan dengan lancar.

Cara membuat ramuan herbal dari daun sirsak untuk penyakit hipertensi :
  1. Siapkan beberapa daun sirsak, pilih daun yang berwarna hijau tua atau daun yang sudah matang.
  2. Bersihkan daun sirsak tersebut kemudian rebus dengan air.
  3. Anda dapat meminum rebusan daun sirsak tersebut dua atau tiga kali sehari.
9. Seledri

Seledri telah lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan empat batang seledri setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, seledri mengandung senyawa natrium dan lainnya yang mungkin memiliki efek samping ketika sejumlah besar tertelan.

10. Bayam

Bayam tinggi akan kandungan magnesium dan potasium yang tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan homosistein dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Itulah beberapa tanaman obat untuk penurun hipertensi atau darah tinggi yang patut Anda coba di rumah. Jika Anda punya saran ataupun ingin menambahkan tanaman obat herbal lainnya untuk menurunkan penyakit hipertensi bisa langsung menulis di kolom komentar. ^_^


Ini Nih Tanaman Obat Anti Hipertensi Atau Darah Tinggi

No comments:

Post a Comment